Friday, April 25, 2008

AKU BOSAN, AKU INGIN TERBANG




Entah mengapa seminggu ini aku merasa hampa
Apapun yang kulakukan terasa tak bermakna
Keindahan, kegembiraan, keceriaan bahkan kebahagiaan sirna entah kemana
Ternyata tidak satupun yang kekal didunia...

Kebahagiaan yang sempat kurasa, dengan sekejap bisa berubah jadi nestapa...
Ini juga mungkin karena CINTA, tapi cinta yang berada di daerah ABU-ABU
cinta yang bukan pada tempatnya...
Seharusnya CINTA pada sang maha PENCINTA, maka tidak akan sia-sia

Kuteringat sebuah puisi karya seorang tokoh film bernama“Rangga”:


kulari kehutan kemudian teriakku…
kulari kepantai kemudian menyanyiku…
sepi, sepi dan sendiri aku benci
aku ingin bingar, aku mau dipasar
bosan aku dengan penat dan enyah saja kau pekat
seperti berjelaga kusendiri
pecahkan saja gelasnya biar ramai, biar mengaduh sampai gaduh

ada malaikat menyulam jaring laba-laba belang
ditembok keraton putih
kenapa tak goyangkan saja loncengnya biar terdera
atau harus aku lari kehutan lalu belok kepantai”


Juga perkataan Khairil Anwar dalam bukunya:

“aku susah tidur, orang ngomong anjing menggonggong, dunia jauh mengabur”

Sepertinya apa yang tersirat dalam puisi itu
Adalah juga gambaran apa yang kurasa

Apakah karena aku kehilangan?
Namun ku tak tahu apa yang hilang…
Apakah karena aku ditinggalkan?
Namun ku tak tahu siapa yang meninggalkan…
Ataukah karena harapan yang tak kesampaian?
Namun ku tak ingat apa yang kuharapkan…

Ah sudahlah….
Mungkin karena aku bosan…
atau juga karena aku keletihan…
Bosan dengan hari-hariku yang tak mengalami perubahan..
Letih karena yang kulakukan tak berkesudahan

Aku bosan… aku ingin terbang.... melayang…
Ketempat yang bisa kutemukan kebahagiaan
Barangkali yang terbaik adalah ku introspeksi diri
tiada guna meratapi
mengadu dan bermunajat pada Ilahi itulah yang harus kujalani

karena ku yakin ini adalah isyarat hati
agar selalu bisa berbenah diri
serta mantap dalam menjaga hati

Ya Allah yang maha pemberi Rahmat
KepadaMulah hamba berharap
Engkau maha tahu apa yang tersirat
Sadarkan hamba agar tidak lupa akan nikmat
Yang Engkau berikan tanpa bersekat.
agar hamba jauh dari laknat
sehingga selamat sampai akhirat

ditulis saat daku benar-benar "BOSAN dan NGANTUK"
Mempawah, 23 April 2007 bertepatan dengan daku menjadi peserta Diklat Administrasi Kepegawaian
di Gedung Diklat BKD Kab. Pontianak - Mempawah



No comments: