Sunday, November 1, 2009

SITUS PEMBAJAK AKUN FACEBOOK

Assalamu'alaikum, salam sejahtera
Alhamdulillah beberapa hari yang lalu saya ditunjukan salah satu kejahatan dalam dunia maya yang dikenal dgn Cyber Crime, yang memanfaatkan kepintaran dalam bidang Teknologi Informasi untuk melakukan kejahatan yang merugikan orang lain. Akhir2 ini sudah banyak yang menjadi korban dari bentuk kejahatan ini termasuk saya sendiri, sadeh kamek yoo account facebook saya diacak-acak oleh orang yang tdk bertanggung jawab. Tapi modus kejahatan yang akan saya paparkan dibawah ini sepertinya tidak pernah saya alami. Demi mencegah saudara-saudaraku semua menjadi korban maka hal ini wajib saya informasikan. Saya tau, kemungkinan selanjutnya account fb atau situs ini akan kembali menjadi korban hack, itulah resikonya.


Seperti biasa saat saya membuka facebook sy mengecek pemberitahuan, komen² terbaru dan pesan masuk di inbox. Terlihat ada 4 pesan belum terbaca, saya klik dan ternyata ada pesan baru semuanya dari grup "GENK GOKIL" yang didirikan oleh "IBNL" (disamarkan demi etika). Biasanya pesan dari grup ini tdk langsung saya baca melainkan sy tandai sebagai telah dibaca, namun ada satu subjek yang menarik perhatian saya yaitu: "Konfirmasi Akun Facebook Anda" dengan isinya sebagai berikut:

Dari IBNL 26 Oktober jam 7:21 Balas
FACEBOOK BARU -BARU INI TELAH MENJADI SANGAT OVERPOPULATED. TIDAK SEDIKIT ANGGOTA YANG MENGELUH BAHWA FACEBOOK MENJADI SANGAT LAMBAT. CATATAN MENUNJUKAN BAHWA ALASAN YANG ADA DIKARENAKAN BANYAK NON-AKTIF ANGGOTA FACEBOOK. KAMI AKAN MENGIRIMKAN AKUN KONFIRMASI KESEKITAR UNTUK MELIHAT APAKAH ANGGOTA AKTIF ATAU TIDAK.

JIKA ANDA PENGGUNA FACEBOOK YANG AKTIF, SILAKAN MENGIRIMKAN PESAN INI KE 15 PENGGUNA FACEBOOK DAN KONFIRMASI LOGIN SEBAGAI ANGGOTA FACEBOOK AKTIF INDONESIA DAN SEKITARNYA, KE HALAMAN BERIKUT !

http://www.facabook.co.tv/konfirmasi/

DENGAN MENGGUNAKAN COPY-PASTE DAN LOGIN UNTUK MENUNJUKAN BAHWA ANDA ADALAH PENGGUNA FACEBOOK YANG AKTIF. APABILA ANDA TIDAK MENGIRIMKAN PESAN TERSEBUT MAKA DALAM WAKTU 2 BULAN FACEBOOK ANDA AKAN DIHAPUS TANPA RAGU-RAGU UNTUK MEMBUAT RUANG LEBIH BANYAK. TERIMA KASIH.

PERTANDA,

(JANGAN BALAS PESAN INI, SEGERA BERI TAHU TEMAN-TEMAN ANDA!)

PENDIRI FACEBOOK (MARK ZUCKERBE)

Jika anda telah tergabung di grup GENK GOKIL pesan diatas pasti anda terima juga.

Karena penasaran saya pun langsung mengklik link yang dimaksud: http://www.facabook.co.tv/konfirmasi/
dan ternyata browser kesayangan saya ini (mozilla) sangat baik hati dan tegas mengingatkan bahwa situs tersebut adalah situs yang berbahaya yang melakukan praktek "PHISHING" atau pencurian/pembajakan data-data pribadi kita (user id dan password) melalui situs tipuan yang dibuat HAMPIR SAMA PERSIS dengan HALAMAN AWAL FACEBOOK.
Contoh gambar peringatan dari mozilla:



Saya sudah mencoba membuka link tersebut dengan browser yang lain seperti flock, internet explorer, namun peringatan tersebut tidak ada, saya menggunakan Mozilla Firefox v3.4.3.
Jika anda mengabaikan peringatan diatas dengan mengklik "ignore this warning" disebalah kanan bawah maka akan muncul halaman spt pada gambar dibawah ini:



DAN



seharusnya halaman facebook yang benar adalah spt dibawah ini:



tentunye tidak ade tulisan ASLI dan lingkaran merah ye.. hehehe :D...

Apabila anda tidak teliti dan mengabaikan peringatan tersebut lalu tetap memasukkan email n password anda untuk log in ke facebook palsu itu, anda akan diarahkan ke halaman log in facebook yang asli tapi seolah-olah anda telah anda belum pernah memasukkan id dan password padahal anda telah memasukkannya tadi. Maka itu artinya user id/email dan pasword anda telah terekam dalam database situs "pencuri" tersebut, siap2lah account fb anda dihack atau dijahili, seperti yang telah saya alami

Semoga informasi ini berguna bagi anda, mohon untuk menyebarluaskan ke teman² kita yang lain.
Jika anda sudah tergabung di grup GENK GOKIL, lebih baik keluar lalu melaporkan grup itu.
Semoga orang2 yang tidak bertanggung jawab itu segara menyadari dan menghentikan kegiatan jahatnya.
Mohon maaf jika penyampaian saya tdk berkenan.


No comments: